cara membuat header google form

Cara Membuat Header Google Form Dengan Mudah

Bagaimana cara membuat header google form? Kamu sedang kebingungan dalam membuat header google form? Bingung menentukan ukuran header google form yang bagus seperti apa? Kalau begitu teman teman berada pada artikel yang tepat.

Tampilan yang biasa biasa saja tentu akan membosankan bagi responden. Lalu bagaimana supaya google form menjadi lebih menarik? Ya salah satu nya dengan cara menambah header. Header pada google form berfungsi untuk menambah nilai seni pada google form sehingga tampilan lebih menarik. Sebetulnya template header google form sudah ada atau disediakan, dari platform google form. Hanya saja beberapa dari kita ingin mendesign header secara manual atau mungkin template yang disediakan tidak sesuai dengan selera kita. Lalu bagaimana sih caranya membuat google form header?

Baca juga : Cara Membuat Background di Google Forms

Cara Membuat Header Google Form

Ada banyak cara buat header google form, bisa menggunakan photoshop, corel draw, google slide, dll. Pada artikel ini akan dibahas pembuatan banner google forms, goalnya temen temen dapat membuat sebuah banner google forms yang tepat. Tepat disini artinya dapat diaplikasikan kedalam google form.

A. Photoshop

  1. Buka photoshop bebas mau menggunakan versi berapa.
  2. Jika photoshop telah terbuka, silakan buat file/clipboard baru. Dengan cara klik file kemudian klik new. Dan akan muncul kotak dialog new
  3. Langkah berikutnya atur ukuran lembar clipboard, pada kolom width atur menjadi 1600 pixels. Sedangkan pada height isikan dengan 400. Untuk resolusi bebas bisa diganti menjadi 100 atau tetap 72. Jika sudah klik ok.
  4. Teman teman tinggal tambahkan gambar atau design sesuka teman teman.
  5. Jika sudah saatnya save design tersebut, Dengan cara klik file kemudian save as. Save as type ubah menjadi png. Klik ok.

B. Google Slide

  1. Buka google slide,
  2. Buat slide presentasi baru atau presentasi kosong
  3. Setelah google slide terbuka, langkah berikutnya atur ukuran slide. Dengan cara klik file, kemudian klik page setup.
  4. Akan muncul kotak dialog page setup, klik pada standard ubah menjadi custom. Kemudian ubah ukurannya setting menjadi 1600 x 400 Pixels. Lalu klik apply.
  5. Berikutnya tinggal sesuaikan dengan ide dan kreativitas temen temen, misal mau ditambahkan gambar atau tulisan.
  6. Jika sudah langkah berikutnya export gambar atau ubah file slide menjadi gambar untuk nantinya akan kita jadikan sebagai header. Caranya temen temen klik ada menu file kemudian klik download, lalu pilih boleh PNG atau JPEG.
  7. File gambar pun akan terdownload. File inilah yang nantinya akan kita upload pada google form header. Sampai dengan tahap ini teman sudah berhasil membuat header.
banner google forms google slides
banner google forms google slides

C. Power Point

Tak hanya dapat digunakan untuk presentasi tapi jugadapat digunakan untuk membuat template header google form.

  1. Buka aplikasi power point, Buat power point baru.
  2. Langkah berikunya yaitu mengubah ukuran power point. Dengan cara klik menu design. Kemudian klik page setup akan muncul kotak dialog page setup. Pada kolom slides size for ubah menjadi custom.
  3. Selanjutnya isikan kolom width menjadi 16 inch dan kolom heigh menjadi 4 inch. Oh ya apabila power point kalian bisa diubah menjadi pixel maka inputkan 1600px x 400px. Tetapi apabila tidak support pixel atur saja menjadi 16 x 4 inch.
  4. Jika sudah kreasikan kreativitas temen temen, bebas mau tambahkan gambar apa saja.
  5. Langkah terkahir yaitu mengubah design power point tersebut menjadi file gambar untuk nantinya kita upload pada google form sebagai header. Caranya klik icon power point pada pojok kiri atas. Kemudian klik save as. Ubah save as type menjadi PNG atau JPEG. Kemudian klik save. Kemudian klik current slide only. Slide power point pun akan tersave menjadi file gambar. Gambar inilah yang akan kita upload sebagai header.
banner google forms power point
banner google forms power point

Kesimpulan

Jadi begitulah cara membuat header google form. Tak hanya untuk menambah kesan menarik tetapi juga untuk memberikan nilai seni pada tampilan google form. Bagaimana, mudah bukan membuat header google formulir? Terima kasih telah membaca pada artikel iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.