cara membuat upload file di google form

Cara Membuat Upload File di Google Form

Cara membuat upload file di google form. Kemarin kita sudah membahas tentang Kenapa tidak bisa upload file di google form. Sekarang mimin iyainaja akan membahas mengenai Bagaimana cara membuat form upload file hal ini agar teman teman yang bukan guru bisa tahu hal hal yang perlu disetting untuk membuat google form upload file. Mimin mengasumsikan teman teman telah paham pengertian google form.

Baca juga : Apa itu Google Form, Pengertian Google Form

Cara membuat upload file di google form

Sebetulnya menambahkan fitur upload file tak sulit & mirip seperti ketika buat google form baru. Berikut merupakan cara caranya:

  1. Pertama tentunya nyalakan device teman teman, bisa menggunakan hp ataupun pc atau laptop. Pastikan device yang kalian pakai terkoneksi dengan internet.
  2. Jika sudah silakan login gmail dan akses google form melalui : docs.google.com/forms
  3. Buatlah form baru, buat yang sederhana saja. Isikan judul beserta nama deskripsi.
  4. Pada bagian sisi kanan biasanya tertulis multiplechoice kita ubah menjadi file upload. Kemudian klik continue.
  5. Berikutnya pada bagian “allow only spesific file type” boleh dienable kan, boleh juga tidak. Apabila tidak enable maka artinya akan menerima semua jenis file. Tetapi apabila enable maka kita dapat menspesifikan jenis file yang diperbolehkan untuk diupload(unggah). Sebagai contoh kita bisa cuman mengenablekan jenis file PDF, maka kita contreng atau menandai pada bagian PDF. Dengan begitu form hanya akan menerima jenis file PDF saja.
  6. Selanjutnya menentukan jumlah file yang dapat diupload responden pada bagian “maximum number of file. Semakin banyak jumlah file yang diupload maka semakin berkurang pula space dari google drive kita, ada baiknya kita set 1 saja.
  7. Langkah terakhir yaitu menentukan jumlah ukuran file. By default settingan google form 10MB. Ukuran file yang bakal diupload dapat kita atur sesuai kebutuhan. Google form menyediakan opsi, 1MB, 10MB, 100MB,1GB, 10GB. Mimin menyarankan untuk menggunakan opsi 1MB atau 10MB hal ini agar google drive kita tidak cepat penuh. Sampai dengan tahap ini membuat form upload file menggunakan google form sudah selesai. Teman teman tinggal send dan share form tersebut.
cara membuat form upload file
cara membuat form upload file

Kesimpulan

Jadi begitulah cara membuat upload file di google form. Tidaklah sulit. Hanya perlu mengubah form multiplechoice menjadi file upload. Tinggal menambahkan parameter tambahan seperti jenis file, jumlah, dan ukuran maximum file yang dapat diunggah. Bagaimana, mudah bukan? Berikutnya kita akan bahas mengenai cara membuat password di google form. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.