apa itu task manager fungsi task manager

Apa itu Task Manager? Fungsi Task Manager

Sebagian orang tentu sudah tahu Apa itu task manager? Tetapi sisanya pasti juga ada yang belum tahu. Oleh karenanya, mimin iyainaja.my.id akan berbagi mengenai task manager & juga fungsi task manager.

Apa itu task manager?

Task manager adalah program bawaan dari OS atau sistem Operasi Windows baik itu windows xp, 7 ,8, 10 atau 11. Didalam program itu, terdapat berbagai macam informasi, seperti aplikasi yang sedang berjalan / running. Tak hanya itu, juga terdapat informasi mengenai besaran RAM yang sedang terpakai ataupun besaran persentase penggunaan CPU. Dan juga dapat memantau speed JARINGAN baik seperti traffic lokal sharing(sharing LAN), ataupun traffic menuju ke internet yang sedang kita gunakan pada laptop atau komputer kita. Sebagai contoh apabila kita sedang melakukan download sebuah file dari server lokal pada jaringan internal kita dengan speed 10Mb maka akan terpantau konsumsi ataupun speed yang kita pakai sejumlah 10Mb. Salah satu cara buka task manager adalah melalui task manager shortcut atau shortcut task manager. Untuk lebih lengkapnya Mimin merekomendasikan teman teman untuk membaca juga artikel 12 Cara membuka task manager di windows 10 supaya teman teman tahu cara membuka task manager. Bagi kamu yang mengalami kendala terkait membuka task manager atau open task manager tapi gagal karena not respon maka mimin sarankan untuk membaca artikel task manager not responding. Tetapi jika gagal karena dinonaktifkan maka mimin menyarankan untuk membaca artikel task manager has been disabled by your administrator.

Fungsi task manager

Fungsi utama task manager untuk memonitor / monitoring semua proses yang berjalan pada laptop atau komputer kita. Baik itu CPU, RAM ataupun JARINGAN / NETWORKING. Tetapi masih banyak fungsi lain, diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk mengclose aplikasi / program yang sedang berjalan. Tentunya kita pernah mengalami program not responding. Nah salah satu solusi untuk mengatasi not responding adalah dengan mengakhiri program yang sedang berjalan secara paksa, atau bahasa kerennya End task atau End Process.
  2. Mengatur prioritas pada sebuah program yang berjalan.
  3. Untuk memantau user lain pada komputer atau laptop kita. Jadi apabila komputer atau laptop kita digunakan sebagai RDP. Kita bisa memantau resource yang dipakai user RDP
windows task manager

Kesimpulan

Jadi begitulah pembahasan mengenai Apa itu task manager? Serta fungsi task manager. Task Manager adalah program bawaan windows yang memiliki banyak kegunaan. Salah satunya untuk monitoring kinerja dari komputer atau laptop kita. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman teman. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.