cara menggabungkan partisi hardisk windows 10

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Windows 10

Menggabungkan partisi hardisk tentu bukan hal baru bagi beberapa orang. Kali ini mimin iyainaja.my.id akan membagikan cara menggabungkan partisi hardisk windows 10. Cara menyatukan partisi hardisk pada artikel ini berlaku untuk semua windows baik itu windows 7, 8 ,10 atau 11.

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Windows 10

Fungsi menggabungkan partisi hardisk guna untuk menambah alokasi space pada disk tertentu. Sebagai contoh pastisi kita terdiri dari C,D,E. Kemudian kita ingin menggabungkan partisi D dan E agar alokasi partisi kosong D bertambah. Tanpa panjang lebar kita akan langsung bahas cara partisi hardisk windows 10:

  1. Hal yang terpenting sebelum melakukannya adalah menyiapkan komputer atau laptop, pilih salah satu. Pastikan komputer atau laptop menggunakan os windows. Jika belum terinstal silakan install terlebih dahulu. Tentunya mimin akan bahas cara install windows 10 dengan flashdisk dilain kesempatan.
  2. Jika perangkat sudah tersedia dan sistem operasi sudah ada, langkah selanjutnya hidupkan.
  3. Apabila perangkat sudah hidup dan menuju pada tampilan awal(desktop windows) silakan teman teman masuk ke “Disk Management” dengan cara ketikan disk management atau create and format hardisk partition pada kolom search windows. Dan klik.
  4. Langkah berikutnya yaitu menghapus partisi harddisk. Dalam contoh ini kita akan menghapus partisi E untuk menambah space partisi D. Penghapusan partisi berguna untuk menyiapkan partisi yang tidak dialokasikan(partisi kosong) atau istilah kerennya hardisk unallocated. Caranya klik kanan pada partisi yang akan dihapus dalam artikel ini partisi E, kemudian klik delete partition.
  5. Jika sudah melakukan delete partition maka yang tadinya terdapat partisi E akan hilang dan terganti menjadi hardisk unallocated. Langkah berikutnya yaitu menggabungkan hardisk unallocated dengan partisi yang akan digabung dalam hal ini partisi D. Caranya klik pada partisi yang dituju yaitu partisi D, kemudian klik kanan lalu klik extend volume. Ketika muncul dialog box Extend Volume Wizard sesuaikan alokasi yang diinginkan, teman teman bisa mengatur volumenya. Jika tidak ingin ribet langsung next saja. Selamat space partisi sekarang bertambah.
partisi windows 10

Kesimpulan

Dalam artikel ini kita belajar tentang cara menggabungkan partisi hardisk windows 10 dan cara hapus partisi hardisk windows 10. Langkah langkahnya pun terbilang mudah yaitu menghapus partisi harddisk guna membuat hardisk unallocated. Kemudian pada disk yang dituju tinggal diextend menggunakan besaran jumlah hardisk unallocated. Terima kasih telah membaca artikel iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.