google docs voice typing

Cara Menggunakan Google Docs Voice Typing

Google docs voice typing. Jumpa lagi dengan iyainaja.my.id. Kemarin kita membahas mengenai apa itu google docs. Kali ini mimin akan memberikan cara mengaktifkan voice typing di google docs. Sebelum mimin memberikan caranya, pastikan teman teman sudah paham bagaimana cara membuat google document ya.

Google Docs Voice Typing

Beberapa dari kita mungkin ada yang sudah paham mengenai voice typing, tetapi pasti juga ada yang belum tahu juga. Maka mimin akan berikan pengertian secara sederhananya voice typing adalah mengetik dengan suara. Maksudnya gimana? Biasa kan kalau kita mengetik kan pakai jari, nah ini kita cukup bicara saja dengan mikrofon, nantinya program yang support voice typing akan mengetikan apa yang sedang kita suarakan melalui mikrofon. Beberapa orang yang sudah familiar menggunakan voice typing di google docs kerap menyebut voice to text google docs , ada juga yang menyebutnya speech to text google docs, google docs voice typing indonesia , ataupun google docs voice. Banyak juga ya cara orang menyebutnya. Tapi nggak perlu diambil pusing sih, karena toh artinya sama. Adapun manfaat apabila kita memanfaatkan fitur ini, yaitu kinerja kita jauh lebih efisien, kalau lagi males ngetik bisa ngomong, dll.

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Untuk cara mengetik dengan suara di google docs mimin paparkan pakai laptop ya, sedangkan untuk cara voice typing google docs android kurang lebih caranya sama kok. Sebetulnya fitur speech to text sudah ada dari lama. Tetapi mungkin beberapa orang saja yang tahu dan menggunakannya. Fitur voice typing sudah support dalam semua bahasa, tak terkecuali indonesia. Adapun prasyarat untuk menggunakan voice typing, yaitu gmail bebas bisa gmail biasa atau akun google workspace ataupun akun google g suite sekalipun dan syarat berikutnya mempunyai mikrofon bisa menggunakan earphone ataupun headset. Jika kedua hal tersebut sudah punya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentunya siapkan laptop atau pc atau smartphone kalian, pastikan batery dan terkoneksi dengan internet.
  2. Langkah selanjutnya akses google docs, apabila belum sign in, lakukan sign menggunakan akun gmail kalian. Bebas mau gmail biasa ataupun google workspace.
  3. Tahap berikutnya, ketika sudah membuka google dokumen, klik dibagian tools, lalu pilih voice typing. Atau untuk shortcutnya teman teman bisa menekan tombol ctrl+shift+s pada keyboard secara bersamaan.
  4. Selang tak lama setelah klik voice typing akan muncul notifikasi untuk perizinan akses mikrofon. Lalu klik allow saja.
  5. Langkah berikutnya yaitu memilih bahasa voice typing yang akan dipakai, bebas kalian bisa memilih bahasa apa saja bisa inggris,dll. Kalau untuk artikel ini mimin menggunakan contoh bahasa indonesia.
  6. 6.Dan sampailah ditahap akhir yaitu klik pada icon speaker pada google docs sampai berubah warna. Yang tadinya berwarna hitam menjadi merah. Ini artinya voice typing sudah ready. Dan tinggal kita mengucapkan apa yang ingin kita tulis.
google docs voice typing indonesia

Voice Typing Google Docs Tidak Ada

Apabila ada teman teman yang sudah melakukan sampai dengan langkah tiga tetapi tidak ada menu voice typing maka silakan simak lagi dibawah. Menu voice tersebut tidak muncul ada kemungkinan karena akun google yang dipakai masih menggunakan bahasa indonesia. Solusinya adalah dengan mengubah bahasa akun google menjadi bahasa inggris. Caranya:
1.Buka account google atau gmail
2.Klik personal info
3.Scroll kebawah sampai ada menu bahasa
4.Kemudian ganti bahasa menjadi inggis (united states)
5.Lalu buka lagi google docsnya atau lakukan refresh, maka seharusnya sudah muncul fitur voice typing. Bila belum muncul close tab google docs dan buka lagi, seharusnya sudah muncul.

voice typing google docs tidak ada

Kesimpulan
Jadi begitulah cara menggunakan google docs voice typing. Voice typing pada documents google dapat membantu kita menulis jauh lebih cepat. Bisa juga hal ini akan memicu kita untuk lebih produktif. Syarat terpenting voice typing yaitu mikrofon. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.