cara mengaktifkan mikrofon di google meet yang diblokir

Panduan Cara Mengaktifkan Mikrofon di Google Meet

Cara mengaktifkan mikrofon di google meet. Google Meet adalah salah satu media untuk melakukan teleconference atau videocall untuk berkomunikasi. Banyak orang yang sudah join google meet tetapi bingung caranya untuk aktifkan mic di google meet. Di artikel ini akan dibahas tidak hanya mengenai mengaktifkan mikrofon pada google meet tetapi juga cara mengaktifkan mikrofon di google meet yang diblokir. Penasaran? Simak ya.

Cara mengaktifkan mikrofon di google meet

Pada kondisi wajar atau biasa, mengaktifkan mikrofon / mic pada google meet tidaklah sulit. Sebab cuman tinggal satu click saja. Tidak memerlukan banyak langkah yang ribet. Begitupula untuk menonaktifkan. Tetapi didalam kondisi tertentu mikrofon atau mic google meet tak befungsi. Tentu saja ini menjadi sebuah masalah. Sebab orang lain jadi tak bisa mendengarkan apa yang sedang kita bicarakan. Adapun salah satu penyebabnya bisa dari banyak hal, contohnya karena mikrofon yang diblokir. Berikut merupakan cara mengaktifkan suara di google meet baik di HP atau di Laptop, & juga cara mengatasi apabila mikrofon google meet tidak berfungsi.

Cara mengaktifkan mikrofon di google meet di laptop

Berikut ini mimin menggunakan laptop untuk memberi contoh. Untuk pengguna smartphone kurang lebih caranya sama. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Silakan sign in menggunakan akun gmail anda
  2. Silakan join meeting
  3. Ketika sudah join meeting, tinggal klik atau pencet icon atau tombol microphone yang berada pada bawah layar. Tidak berselang lama, mikrofon akan aktif. Peserta atau orang lain dapat mendengar suara kamu.
    Cara tersebut juga berlaku apabila akan menonaktifkan mikrofon. Mudah bukan? Cuma satu kali click saja.

Cara mengaktifkan mikrofon di google meet yang diblokir

Beberapa dari kita pasti ada yang pernah mengalami microphone google meet tak berfungsi. Hal ini ada banyak penyebab, bisa jadi mikrofon yang rusak secara hardware, bisa jadi karena perizinan mikrofon diblokir, karena belum di allow atau di izinkan, dll. Berikut merupakan cara mengatasi dari permasalahan tersebut.

Jika kalian menggunakan smartphone

  1. Klik ke pengaturan atau setting atau setelan pada android, dan buka menu application management
  2. Buka setelan aplikasi
  3. Kelola aplikasi
  4. Cari dan klik aplikasi Google Meet
  5. Click menu perizinan aplikasi
  6. Klik izinkan mikrofon
  7. Pilih izinkan
    Seharusnya setelah melakukan hal tersebut, mikrofon sudah aktif, apabila belum aktif coba close aplikasi Google Meet & buka ulang. Apabila belum bisa juga, bisa lakukan re-install.

Jika kalian menggunakan laptop

  1. Buka browser Google Chrome
  2. Klik icon bertanda titik tiga(lainnya) kemudian klik settings
  3. Klik Privacy and Security pada bagian sebelah kiri.
  4. Lalu click Site Settings
  5. Scroll kebawah pada bagian permissions atau perizinan, click microphone / mikrofon.
  6. Kamu bakal melihat situs Google Meet berada didalam daftar Block atau Not Allowed to use your microphone. Click icon segitiga disampingnya.
  7. Ganti perizinan dari Block jadi Allow. Kemudian Google Chrome bakal menyimpan perubahan tersebut secara otomatis.
    Seharusnya setelah melakukan hal tersebut, mikrofon sudah aktif. Untuk mengeceknya, kalian bisa coba join meeting atau lakukan videocall dengan teman, selanjutnya klik tombol microphone, pada seperti cara mengaktifkan mikrofon di google meet. Apabila aktif, artinya cara mengaktifkan mikrofon di google meet yang diblokir sukses dilakukan.
cara mengaktifkan mikrofon di google meet yang diblokir

Kesimpulan
Jadi begitulah cara mengaktifkan mikrofon di google meet di laptop ataupun di smartphone. Dan juga cara mengaktifkan mikrofon di google meet yang diblokir. Caranya sangatlah mudah tidak ribet. Cuman tinggal click icon microphone. Terima kasih telah berkunjung dan membaca diartikel iyainaja.my.id. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.