cara mengaktifkan wifi di laptop windows 7

3 Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop Windows 7

Selain menggunakan media kabel, kita juga dapat menggunakan wifi (wireless) untuk terkoneksi ke jaringan internet. Bagaimana jadinya, jika wifi pada laptop bermasalah (simbol wifi bertanda silang merah). Tentu hal ini akan menjadi masalah, kita menjadi tidak dapat terkoneksi dengan internet.

Bayangkan, jika hal ini terjadi ketika kamu sedang berada di publik area seperti cafe, dimana area tersebut tidak menyediakan koneksi kabel lan ke end user seperti kita. Pada artikel ini, kakak iyainaja akan membahas mengenai, cara mengaktifkan wifi di laptop windows 7.

Sebelum membahas bagaimana cara mengaktifkannya, ada baiknya untuk tahu dulu apa penyebabnya. Salah satu penyebab wifi laptop tidak aktif, yaitu driver yang bermasalah. Namun, ada penyebab lainnya diantaranya:

  1. Wireless belum dihidupkan atau tidak sengaja dimatikan / didisable.
  2. Driver yang belum terinstall, atau driver belum terupdate.
  3. Wlan Card atau Wireless Lan Card bermasalah. Wireless lan card bermasalah, bisa jadi karena kabel terlepas dari wireless lan cardnya.

Itu tadi segelintir penyebabnya, sekarang saatnya cara mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop Windows 7

Ada tiga cara yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan wifi, pada sistem operasi windows 7. Berikut masing masing caranya. Silakan disimak dan praktekan.

1. Hidupkan Wifi Dengan Menekan Tombol Keyboard (Fn + F3)

Pertama pastikan wifi dalam keadaan hidup. Untuk mengetahuinya, silakan perhatikan pada lampu indikator wifi yang terdapat pada laptop. Jika lampu indikatornya mati, itu artinya wireless card dalam keadaan mati. Solusinya silakan hidupkan terlebih dahulu, berikut cara menghidupkan wifi.

  • Pertama nyalakan laptop terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan tombol FN + F3 pada keyboard. Oh iya, tombol kombinasi ini silakan sesuaikan dengan merk laptop, karena tiap laptop memiliki tombol kombinasi yang berbeda. Untuk laptop acer, menggunakan tombol FN + F3. Sedangkan untuk laptop lenovo menggunakan FN + F7.
  • Jika kamu sudah menekan tombol kombinasi tersebut. Pastikan lampu indikator wifi telah menyala.
  • Apabila laptopmu tidak terdapat lampu indikator wifi, maka pastikan simbol wifi tidak terdapat tanda silang merah. Namun jika ada, silakan coba lanjut ke cara selanjutnya.

Baca Juga: 2 Cara Forget Wifi di Laptop Windows (7, 8, 10,11)

2. Enable Wireless Adapter Melalui Control Panel

Jika cara sebelumnya belum berhasil, pastikan driver wireless sudah kamu install dan dalam keadaan enable. Berikut langkah langkahnya.

  • Silakan klik icon windows pada pojok kiri bawah.
  • Kemudian klik dan pilih Control Panel.
  • Lalu klik > Network and Internet > Network And Sharing Center > Change Adapter Settings.
  • Akan muncul beberapa adapter yang terinstall pada laptop.
  • Pastikan wifi adapter telah terinstall, jika belum terinstall, silakan download dan lakukan install driver.
  • Namun jika adapter wireless ada, pastikan dalam keadaan enable. Untuk mengenable, silakan klik kanan pada adapter wireless, lalu pilih opsi enable.
cara mengaktifkan wifi di windows 7 yang hilang
cara mengaktifkan wifi di windows 7 yang hilang

3. Turn Wireless On Windows Mobility Center

Apabila driver adapter wireless sudah terinstall, namun tidak bisa dienable. Kemungkinan besar, wireless dimatikan pada menu windows mobility center. Silakan aktifkan kembali melalui windows mobility center. Berikut langkah langkahnya.

  • Silakan klik icon windows pada pojok kiri bawah.
  • Kemudian ketikan windows mobility center pada kolom pencarian dan tekan enter untuk mulai menjalankannya.
  • Apabila windows mobility center telah terbuka, silakan perhatikan pada bagian wireless network. Silakan klik tombol “turn wireless on”. Jika sudah on, seharusnya laptop sudah dapat menscan dan menerima sinyal wifi dari access point.

QnA

Mengapa WiFi di laptop hilang?
Ada beberapa kemungkinan diantaranya:

  • Bisa karena wifi pada laptop tidak sengaja kamu matikan / disable.
  • Bisa karena driver belum terinstall.
  • Bisa karena hardware (wireless lan card) yang bermasalah, bisa kabelnya lepas atau memang rusak.

Ka, kalau pada sistem operasi windows 8 , 10, dan 11 caranya seperti apa? Apakah sama?
Caranya sama, namun ada sedikit tambahan. Untuk lebih detailnya akan kakak bahas dilain kesempatan.

Kesimpulan

Jadi begitulah cara mengaktifkan wifi di laptop windows 7. Ada tiga cara mengaktifkan wifi pada laptop dengan sistem operasi windows 7, diantaranya; FN + F3, mengenablekan adapter wireless, dan “turn wireless on” melalui windows mobillity center.

Untuk mengaktifkan wifi pada sistem operasi windows 8, 10, linux dan mac os akan kakak bahas dilain kesempatan. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.