cara mengubah teks ke tabel di microsoft word

Cara Mengubah Teks Ke Tabel di Microsoft Word

Mau mengubah teks ke tabel secara otomatis, tapi bingung caranya? Tenang, Microsoft word memiliki fitur convert text to table. Fitur ini dapat kamu gunakan, untuk mengubah text menjadi tabel secara otomatis.

Namun ada yang wajib kamu persiapkan, yaitu kumpulan teks yang dipisahkan menggunakan pola atau tanda yang sama. Untuk tanda yang dikenali secara bawaan ada tiga, yaitu; paragrap, tab, dan koma. Tetapi, kamu juga dapat menggunakan tanda selain itu, salah satunya garis miring (/). Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan gambar berikut.

contoh teks ke tabel
contoh teks ke tabel

Gambar diatas merupakan contoh teks, yang telah kakak persiapkan. Tiap teks/kata tersebut dipisahkan menggunakan tab. Sedangkan pada gambar kedua, kakak persiapkan dengan menggunakan tanda garis miring (/). Jika kamu sudah mempersiapkannya, barulah gunakan fitur convert text to table.

Penasaran bagaimana cara mengubah teks ke tabel? Yuk disimak!

Cara Mengubah Teks Ke Tabel di Microsoft Word

Ada dua cara untuk menggunakan fitur convert text to table. Cara yang pertama menggunakan mouse, dan yang kedua menggunakan keyboard. Berikut langkah langkah detail dari kedua cara tersebut.

Cara 1: Menggunakan Mouse

  1. Siapkan teks terlebih dahulu, pastikan tiap kata/teks terpisahkan menggunakan pola yang sama.
  2. Langkah selanjutnya, silakan blok semua kata tersebut.
  3. Kemudian klik tab insert, lalu klik table dan pilih convert text to table.
  4. Akan muncul kotak dialog convert text to table.
    • Secara otomatis, kolom dan baris terisi.
    • Pastikan pada bagian separate text at, menggunakan pola yang sama dengan yang kamu gunakan. Misal pada teks kamu menggunakan tab, maka pastikan bagian tabs tercentang.
    • Namun, jika kamu menggunakan tanda seperti garis miring. Silakan klik others, dan ketikan tanda garis miring (/).
    • Jika semua itu sudah kamu pastikan dengan benar, selanjutnya silakan klik tombol ok. Teks pun akan berubah dan tersusun rapi kedalam tabel.

Jika kamu kebingungan, kamu dalam melihat video dari channel youtube Jendela Tutorial

Cara 2: Menggunakan Keyboard

  1. Pertama tama, silakan siapkan teks yang akan diubah menjadi tabel.
  2. Pastikan juga tiap kata/teks terpisahkan menggunakan pola/tanda yang sama.
  3. Selanjutnya, silakan blok semua teks tersebut.
  4. Jika semua sudah tertandai (blok), selanjutnya silakan tekan tombol ALT, N, T, V pada keyboard secara berurutan.
  5. Akan muncul kotak dialog convert text to table, untuk mengubah teks menjadi tabel silakan tekan Enter pada keyboard atau klik ok. Teks pun akan berubah menjadi tabel.

2 Cara Merge Cell Di Word, Mudah Banget

QnA

Q: Ka, aku coba kok hasilnya ada tabel yang kosong ya?
A: Silakan pastikan teks teks tersebut terpisahkan menggunakan tanda yang sama. Jika kamu memisahkan dengan tanda koma (,) , pastikan semua dengan tanda koma. Namun jika kamu menggunakan tanda garis miring (/), pastikan semua dengan tanda garis miring. Karena jika tidak sama akan membuat beberapa kolom atau baris menjadi kosong.

Q: Ka, dari kedua cara tersebut, manakah yang lebih ringkas? Adakah tips tambahan lagi?
A: Dari kedua cara tersebut, kakak rekomendasikan menggunakan cara yang kedua. Sedangkan untuk tipsnya, pastikan menggunakan pola tab atau tanda koma. Supaya langsung terkenali oleh fitur convert text to table dan bisa langsung kamu tekan enter. Sehingga lebih memudahkan dalam mengubah data teks tersebut menjadi bentuk tabel.

Kesimpulan

Begitulah cara mengubah teks ke tabel. Untuk mengubah data menjadi tabel dapat menggunakan fitur convert text to table.

Convert text to table adalah fitur bawaan microsoft word, yang berguna untuk membuat tabel otomatis dengan isian data (teks) yang telah kita persiapkan. Dengan begitu kinerja akan lebih efisien. Kita hanya perlu menyiapkan data mentah, dan tidak perlu mengetiknya satu persatu atau copy paste satu persatu kedalam tabel.

Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.