pengertian switch vitual interface

Pengertian Switch Virtual Interface (SVI) dan Cara Konfigurasi

Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menjembatani perangkat End Device dengan End Device lainnya, ataupun menghubungkan End Device ke Router atau Access Point. Ada banyak vendor perangkat jaringan, salah satunya Cisco.

Cisco adalah salah satu vendor perangkat jaringan, yang sering digunakan pada perusahaan besar. Pada kesempatan ini, kakak iyainaja akan membahas salah satu term atau istilah pada Cisco yaitu “Switch Virtual Interface”. Penasaran apa itu “Switch Virtual Interface”? Yuk disimak.

Pengertian Switch Virtual Interface (SVI)

Switch virtual interface (SVI), merupakan istilah khusus yang digunakan pada perangkat Cisco. Istilah ini mengacu pada sebuah virtual interface layer tiga pada sebuah switch. Istilah ini juga biasa dikenal dengan istilah VLAN. Secara default, SVI pada perangkat Cisco adalah VLAN 1.

switch vitual interface
switch vitual interface

Sebagai informasi tambahan, sebuah switch mampu memiliki lebih dari satu VLAN. Dengan adanya sebuah SVI, kita dapat memanajemen perangkat switch secara remote menggunakan telnet / ssh, tanpa perlu terhubung langsung menggunakan kabel console.

Fungsi SVI

1.Untuk Mengakses Perangkat Secara Remote
Dengan menambahkan ip address ke interface SVI dan menambahkan ip default gateway, maka kita dapat mengakses perangkat secara remote.

2.Monitoring Perangkat
Dengan memberikan ip pada interface SVI kita dapat memonitor perangkat menggunakan software seperti MRTG atau software monitoring lainnya.

Contoh Konfigurasi Pada SVI

Berikut ini contoh pengalamatan ip pada SVI Cisco:

S1#conf t
S1(config)#interface vlan 1
S1(config-if)#ip address 192.168.1.2 255.255.255.0
S1(config-if)#no shutdown
S1(config-if)#exit
S1(config)#ip default-gateway 192.168.1.1

Penjelasan
Baris ke1: Pertama silakan masuk ke global config dengan perintah configure terminal.
Baris ke2: Setelah masuk ke global config, silakan masuk ke salah satu SVI. Dalam hal ini sebagai contoh menggunakan vlan 1.
Baris ke3: Selanjutnya tambahkan ip address dan subnet mask pada interface vlan 1. Dalam hal ini kakak mencontohkan menggunakan ipv4, namun kamu juga dapat menggunakan ipv6.
Baris ke4: Selanjutnya silakan hidupkan interface vlan 1 menggunakan perintah no shutdown.
Baris ke5: Ketikan exit untuk kembali ke global config.
Baris ke6: Tak lupa tambahkan ip default-gateway, agar switch dapat diakses dari segment jaringan yang berbeda.

QnA

Ka maksudnya, physical interface dan virtual interface bagaimana?
Physical interface maksudnya interface fisik, ada wujudnya dan bisa disentuh. Contohnya seperti interface fast ethernet, gigabit ethernet, dll. Sedangkan virtual interface merupakan interface maya contohnya seperti vlan.

Kesimpulan

SVI merupakan interface virtual, karena interface ini bukanlah physical interfaces. Salah satu fungsi SVI yaitu untuk mengakses perangkat secara remote.

Untuk mengakses switch secara remote perlu mengkonfigurasi ip address dan subnet mask pada interface SVI. Switch juga perlu ditambahkan default gateway, jika switch ingin diremote dari jaringan yang berbeda.

Begitulah pembahasan mengenai pengertian switch virtual interface, fungsi dan cara konfigurasinya. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi

  • Sequeira Anthony. CCNA 200 301 Sixth Edition.

Leave a Reply

Your email address will not be published.