Cara Membuat Garis Kop Surat

Cara Membuat Garis Kop Surat di Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu program Microsoft Office, yang sering digunakan dalam pembuatan sebuah dokumen. Salah satu contoh dokumen, yang dapat kita buat menggunakan microsoft word yaitu surat.

Surat terbagi menjadi dua jenis, yaitu surat pribadi dan surat dinas (surat resmi). Secara garis besar surat resmi terdiri dari dua bagian, yaitu kop surat dan isi surat. Pada artikel ini kakak iyainaja akan membahas mengenai, cara membuat garis kop surat di microsoft word.

Penasaran bagaimana cara membuat garis pada kop surat? Silakan disimak!

Apa itu Kop Surat

Sebelum membahas bagaimana cara pembuatan garis kop surat, ada baiknya untuk tahu dulu “apa itu kop surat”. Menurut kamus besar bahasa indonesia, Kop surat adalah bagian atas surat yang berisikan informasi seperti; nama lembaga, logo, alamat, nomor telepon, dll.

Selain daripada itu ada komponen lain dari kop surat yaitu garis. Garis ini terletak tepat dibagian bawah kop surat. Garis bawah pada kop surat, berfungsi untuk memisahkan informasi antara informasi kop surat dengan isi surat.

Sering kali kita akan menemui kop surat pada surat surat resmi. Sebagai contoh surat perizinan, surat izin dinas, dll.

Cara Membuat Garis Kop Surat di Microsoft Word

Ada banyak cara membuat garis bawah pada kop surat. Pada artikel ini kakak paparkan dua cara untuk membuatnya, yaitu menggunakan menu shapes, dan menu border and shading.

1. Cara Membuat Garis dibawah Kop Surat Dengan Menu Shapes

Menu shapes adalah salah satu cara untuk memberi garis / membuat garis pada kop surat. Adapun berikut langkah langkahnya.

  • Pertama silakan klik menu insert, kemudian perhatikan pada group header & footer. Silakan klik header, kemudian klik Edit Header.
  • Selanjutnya, silakan isi terlebih dahulu informasi seperti logo, nama, alamat, nomor telepon, dll.
  • Langkah selanjutnya, silakan klik tab menu insert.
  • Berikutnya klik shapes dan pilih lines (garis).
  • Setelah memilih lines, cursor pun akan berubah menjadi tanda tambah ( + ).
  • Silakan klik dari ujung kiri dokumen, hingga ujung kanan dokumen sambil menekan tombol shift.

Sebagai informasi tambahan, pastikan ketika menggunakan cara ini untuk menekan tombol shift + klik. Hal ini agar garis terbuat lurus. Jadi pastikan, jangan lupa untuk menekan tombol shift + klik kiri.

2. Cara Membuat Garis dibawah Kop Surat Dengan Menu Border and Shading

Cara lain untuk memasukkan / memberi garis pada kop surat, yaitu dengan border and shading. Berikut langkah langkahnya.

  • Pertama silakan klik menu insert, kemudian perhatikan pada group header & footer. Silakan klik header, kemudian klik Edit Header.
  • Langkah selanjutnya, membuat kop surat terlebih dahulu. Isikan terlebih dahulu informasi kop surat (logo, nama, alamat, dll).
  • Setelah itu, silakan tekan enter.
  • Silakan klik menu home, kemudian pilih menu border and shading pada group paragraph.
  • Akan muncul kotak dialog “Border and Shading”. Kemudian silakan atur seperti berikut.
  • Pada bagian settings, pilih custom.
  • Pada bagian style, pilih jenis garis.
  • Kemudian pada bagian preview, silakan klik pada bagian garis atas. Untuk bagian kiri, kanan, dan bawah silakan untuk dihiraukan (jangan diklik).
  • Langkah terakhir silakan klik ok. Garis horizontal pun, akan terbuat dibawah kop surat.

Selain dengan kedua cara tadi, ada cara lainnya yaitu dengan mengikuti panduan cara membuat garis di microsoft word yang telah kakak buat sebelumnya. Pada artikel tersebut, kakak paparkan enam cara, yang tentunya dapat kamu gunakan untuk membuat garis pembatas bawah pada kop surat.

Kesimpulan

Kop surat adalah bagian atas surat yang berisikan informasi seperti; nama lembaga, logo, alamat, nomor telepon, dll. Komponen lain dari kop surat yaitu garis. Garis ini terletak tepat dibagian bawah kop surat. Garis bawah pada kop surat, berfungsi untuk memisahkan informasi antara informasi kop surat dengan isi surat.

Untuk membuat garis kop surat, dapat menggunakan menu shapes, border and shading, top border, bottom border, horizontal line, dan Border Lines Pada Autoformat Correction.

Begitulah cara membuat garis kop surat di microsoft word. Semoga artikel ini membantumu dalam membuat garis kop surat. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi

  • KBBI Kemdikbud. “Kop Surat.” Kemdikbud.go.id https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kop%20surat (diakses pada 21 Juni 2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published.