Cara Melepas Baterai Laptop Acer

Cara Melepas Baterai Laptop Acer, Gampang Banget

Battery atau biasa disebut Baterai adalah salah satu komponen yang berguna untuk, menghidupkan sebuah perangkat elektronik. Selain smartphone, baterai juga terdapat pada perangkat laptop.

Bayangkan bagaimana jadinya, jika laptop tanpa baterai. Laptop tanpa adanya baterai yang normal, tentu akan terlihat seperti sebuah komputer atau pc. Karena keduanya, jadi sama sama perlu stop kontak untuk menghidupkannya. Hayoo, jangan jangan laptop kamu juga seperti itu? “Yang sabar ya boss”, begitu kata sopo jarwo.

Acer atau kebanyakan orang memplesetkannya, awas cepat rusak adalah salah satu merk laptop, yang cukup banyak peminatnya. Apakah, kamu salah satu pengguna laptop acer aspire? Kakak sendiri pengguna laptop acer, pengalaman rusak yang pernah kakak alami seperti; baterai drop. Salah satu solusi yang paling mantul, yaitu ganti baterai.

Apakah kamu juga pengguna laptop acer aspire, dengan kondisi baterai drop? Dan mau mengganti battery baru?

Bagi kamu yang sudah memiliki dana yang cukup, untuk membeli baterai baru dan, mau mengganti baterai laptop secara mandiri. Namun, bingung bagaimana cara melepas baterai laptop acer aspire? Pada artikel ini, kakak iyainaja akan membahas tentang pengertian baterai dan cara melepas baterai laptop, khususnya laptop acer.

Apa itu Baterai?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara melepaskan baterai. Ada baiknya untuk tahu dulu apa itu baterai. Menurut Nasution Mulih (2021), Baterai (Battery) adalah alat yang mampu menyimpan energi listrik dalam bentuk kimia, kemudian diubah menjadi energi listrik agar dapat digunakan untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik. Secara sederhananya, baterai adalah alat yang mampu memberikan sebuah daya listrik, untuk menghidupkan perangkat elektronik.

Perbedaan Baterai Removable dan Non Removable Pada Laptop

Sebelum membahas cara mencopot baterai, ada informasi tambahan lain yang perlu kamu ketahui, yaitu mengenai perbedaan baterai removable dan non removable. Baterai pada laptop ada dua; removable dan non removable (baterai tanam).

Baterai removeable mudah diganti, sedangkan baterai non removable susah untuk diganti, kamu perlu membongkar casing terlebih dahulu. Kemudian, perbedaan baterai removable dan non removable berikutnya, terletak pada tata letaknya. Jika removable battery, terletak terpisah dengan mainboard atau motherboard, namun jika pada non removable terletak menjadi satu dengan motherboard.

Itu tadi pengertian baterai dan perbedaan baterai removable dan non removable. Sekarang saatnya, bagi kamu untuk menyimak cara melepaskan dan menggantinya.

Cara Melepas Baterai Laptop Acer

Berikut langkah langkah cara membuka baterai laptop acer, baterry removable.

  1. Pertama, pastikan laptop dalam kondisi mati (shutdown).
  2. Kedua, pastikan lepas kabel adaptor dari laptop, apabila dalam kondisi charging.
  3. Selanjutnya, silakan tutup dulu layar laptop.
  4. Kemudian, balikan laptop.
  5. Perhatikan area sekitar akan terlihat gambar baterai. Akan terlihat seperti sebuah lubang biasanya berwarna orange, silakan tekan dan geser ke samping menggunakan obeng atau menggunakan jarimu.
  6. Silakan kamu geser, hingga baterai pun menonjol keatas dari tempatnya.
  7. Jika baterai sudah menonjol keatas, barulah kamu tarik / cabut keatas hingga terlepas dari tempatnya. Kemudian gantilah dengan yang baru.

Jika kamu agak kesulitan dengan langkah diatas, silakan simak video berikut. Berikut adalah salah satu video dari channel youtube yok berbagi. Silakan ditonton.

cara melepas baterai laptop acer 4752, source channel youtube yok berbagi

Kesimpulan

Langkah langkah tadi dapat kamu terapkan untuk melepas baterai laptop acer dengan seri; E14, 3,One,e5-471, es1-432, v5-431, 4750,4730,dan seri lain yang menggunakan baterai removeable.

Begitulah cara melepas baterai laptop acer. Semoga artikel ini membantumu dalam mengganti baterai laptop. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi
  • Muslih Nasution (2021). Karakteristik Baterai Sebagai Penyimpan Energi Listrik Secara Spesifik. Journal of Electrical Technology, Vol. 6.

Leave a Reply

Your email address will not be published.