Cara Refresh Browser di Laptop

5 Cara Refresh Browser di Laptop, Mudah Banget

Pernahkah kamu mengalami masalah gambar tidak tampil, ketika browsing menggunakan salah satu browser laptop / komputer? Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan cara refresh browser di laptop. Tak ada salahnya untuk me refresh, guna menampilkan gambar yang gagal muncul.

Sebelum mempraktekkannya, ada baiknya untuk tahu dulu “Apa yang dimaksud refresh browser?”. Refresh merupakan fitur bawaan pada browser, yang berfungsi untuk membuat browser memuat ulang kembali, konten dari situs / halaman yang kita buka.

Penasaran bagaimana cara refresh browser? Silakan lanjut disimak.

Cara Refresh Browser di Laptop

Pada artikel ini, kakak iyainaja mencontohkan menggunakan browser google chrome, namun kamu juga dapat menerapkannya menggunakan browser yang lain seperti; mozila firefox ataupun microsoft edge. Berikut lima cara refresh halaman web, yang dapat kamu lakukan.

3 Cara Refresh Laptop Dengan Keyboard dan Mouse

1.Icon

Cara refresh browser yang pertama yaitu, menggunakan icon refresh yang terdapat pada bagian atas. Semua icon refresh pada browser, bergambar panah melingkar. Silakan klik icon tersebut, untuk melakukan refresh. Setelah kamu klik icon “refresh“, seketika itu pula browser akan memuat ulang kembali, halaman yang sedang kamu buka.

2.F5

Cara kedua yang dapat kamu lakukan, yaitu menggunakan tombol F5. Silakan tekan tombol F5 pada keyboard untuk memuat kembali halaman yang sedang kamu buka.

3.Reload

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan yaitu dengan reload. Apa itu reload pada browser? Reload pada browser juga mempunyai makna yang sama dengan refresh. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Silakan klik kanan pada area browser.
  2. Akan muncul beberapa menu, silakan klik “reload“.

Sebagai catatan, apabila menggunakan cara ini pada browser mozilla firefox, maka akan muncul “icon refresh“. Berbeda dengan chrome akan muncul “opsi/tulisan reload“.

4.Ctrl + R

Cara keempat merupakan shortcut, dari cara ketiga. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menekan tombol keyboard “CTRL + R” secara bersamaan. Setelah kamu menekan kedua tombol tersebut, secara otomatis browser akan melakukan reload halaman yang sedang kamu buka.

5.Add Ons

Add ons atau extension adalah sebuah fitur, dimana kamu bisa menginstall aplikasi tambahan pada browser. Ada banyak auto refresh chrome extension, yang dapat kamu install. “Auto Refresh Plus | Page Monitor” adalah salah satu add on yang tersedia gratis pada chrome, yang dapat kamu gunakan untuk memuat kembali halaman.

Add on “auto refresh” memiliki fitur timer, atau schedule yang dapat diatur. Sehingga, kamu dapat melakukan refresh secara otomatis. Berikut, cara mengaktifkan add ons auto refresh beserta langkah langkahnya.

  1. Silakan install terlebih dahulu
    • Klik icon “customize and control google chrome” atau titik tiga vertikal, yang terletak pada bagian pojok kanan atas, dibawah tombol close.
    • Akan muncul banyak pilihan, silakan klik “more tools” kemudian dilanjutkan klik “extensions“.
    • Langkah selanjutnya, silakan klik “main menu” yang terletak pada bagian pojok kiri atas, dengan gambar garis mendatar sebanyak tiga. Kemudian, silakan klik “open chrome web store“.
    • Akan terbuka chrome web store, silakan ketikan “Auto Refresh Plus | Page Monitor” pada bagian kolom pencarian dan tekan “enter“.
    • Selanjutnya, silakan klik “Auto Refresh Plus | Page Monitor“, kemudian klik “add to chrome” untuk menginstall.
  2. Setelah terinstall, selanjutnya yaitu mengoperasikannya. Untuk mengoperasikannya cukup simpel.
    • Silakan klik “extension” yang terletak pada bagian kanan atas, dengan gambar bentuk puzzle.
    • Akan muncul daftar extension yang terinstall pada laptop kamu. Silakan, kamu klik “Auto Refresh Plus | Page Monitor” untuk menjalankannya.
    • Akan muncul menu refresh yang dapat kamu atur seperti; time interval ataupun countdown. Selanjutnya, silakan atur interval bisa dalam satuan detik ataupun menit. Jika sudah, silakan klik start, kemudian klik “allow” untuk memulainya. Dan untuk menghentikannya, kamu hanya perlu klik stop.
auto refresh chrome extension
auto refresh chrome extension
Kesimpulan

Begitulah lima cara refresh browser di laptop. Empat diantaranya, cara refresh secara manual, dan satu cara refresh halaman web otomatis menggunakan add ons. Menurut kakak, dari kelima cara tersebut, menggunakan tombol F5 dan klik Icon Refresh adalah pilihan yang paling mudah.

Semoga artikel ini membantumu, dalam mereload halaman yang kamu akses. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.