Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop

Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows

Salah satu tombol keyboard kamu rusak, padahal kamu sedang membutuhkannya untuk mengetik. Salah satu solusinya yaitu dengan mengetik, menggunakan on screen keyboard. Pada artikel ini kakak akan memaparkan tentang cara menampilkan keyboard di layar laptop, pada windows 7,8, 10, dan 11.

Pada umumnya mengetik, menggunakan keyboard/papan ketik. Namun bagaimana jadinya apabila, salah satu/semua tombol laptop mengalami kerusakan. Apakah artinya, kita tidak dapat menggunakan salah satu/semua character pada tombol tersebut?

Tentu saja, kita masih dapat mengetik menggunakan character tersebut, hanya saja menggunakan cara yang berbeda. Ada pepatah mengatakan:

“Banyak Jalan Menuju Roma”, Banyak Cara Juga Untuk Mengetik Tanpa Keyboard Fisik

Ada tiga cara mengetik pada laptop / komputer;

  1. Menggunakan keyboard secara fisik.
  2. Menggunakan virtual keyboard atau on screen keyboard. Namun untuk mengoperasikan on-screen keyboard pastikan mouse/trackpad/layar sentuh kalian pastikan dalam keadaan normal (tidak rusak).
  3. Menggunakan speech to text/mengetik menggunakan suara.

Pada artikel ini akan kakak iyainaja hanya berfokus, tentang cara memunculkan keyboard di layar monitor, sekaligus cara menggunakannya.

Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 7, 8, 10, 11

Apabila hanya beberapa tombol keyboard saja yang tidak merespon maka, kamu dapat menggunakan cara berikut untuk memunculkan on screen keyboard.

Windows + U

  1. Silakan buka window ease of access center dengan menekan tombol windows + u.
  2. Apabila window ease of access center telah terbuka, silakan klik pada “start on-screen keyboard”.

Windows Run

  1. Silakan tekan tombol “windows + r”.
  2. Akan muncul kotak dialog run, kemudian ketikan “osk”.

Search

  1. Silakan klik start menu. Akan muncul berbagai pilihn.
  2. Perhatikan terdapat kolom “search”.
  3. Silakan ketikan “on screen keyboard” pada kolom “search program and files”

Command Prompt

  1. Silakan buka window run, dengan cara menekan tombol “windows + r”
  2. Apabila kotak dialog run telah terbuka, silakan ketikan “cmd”.
  3. Window command prompt pun terbuka, terakhir silakan temen temen ketikan “osk” untuk menampilkan on screen keyboard.

Itu tadi apabila hanya beberapa tombol saja yang mengalami kerusakan semisal, tombol “1”. Namun jika keyboard sama sekali tidak bisa merespon (rusak), maka temen temen bisa menggunakan cara berikut untuk menampilkan keyboard virtual.

Windows 7

Cara 1:

  1. Pertama silakan klik ikon/icon “start menu“.
  2. Akan muncul berbagai pilihan menu, klik “control panel“.
  3. Window control panel pun terbuka, silakan klik pada bagian “ease of access“.
  4. Akan muncul dua pilihan, “ease of access center” dan “speech recognition“. Silakan temen temen klik pada “ease of access center“.
  5. Langkah terakhir yaitu klik “start on-screen keyboard“. Pada langkah ini, kamu telah berhasil menampilkan virtual keyboard. Untuk menggunakannnya, silakan untuk membuka text editor atau program pengolah kata, kemudian silakan tekan huruf/angka yang terdapat pada virtual keyboard menggunakan mouse/trackpad.

Perbedaan Komputer dan Laptop

Cara 2:

  1. Klik kanan pada taskbar windows, akan muncul berbagai macam pilihan seperti toolbar, cassade windows, dll.
  2. Klik toolbar, kemudian pilih/klik “tablet pc input panel“.
  3. Perhatikan pada pojok kanan bawah akan muncul icon tablet, beserta pena, silakan klik.
  4. Biasanya akan muncul mode, “writing pad“, silakan klik pada mode touch keyboard untuk mengubah ke bentuk digital keyboard.

Windows 8, 10, 11

Cara 1:

  1. Klik icon “start menu“, kemudian klik “setting” / “icon gear” atau ruji.
  2. Pada menu settings silakan klik pada “ease of access“.
  3. Silakan temen temen perhatikan pada bagian kiri, terdapat banyak hal yang dapat kita setting pada “ease of access“. Kemudian gulir atau scroll kebawah hingga menemukan pilihan “keyboard“. Silakan klik “keyboard“.
  4. Klik pada tombol “off“, dibawah tulisan “use the on-screen keyboard” untuk mengaktifkan keyboard virtual. Kalian juga dapat mengaktifkan on-screen keyboard menggunakan shortcut keyboard “windows + ctrl + o”.

Cara 2:

  1. Klik kanan pada taskbar.
  2. Akan muncul beberapa opsi, silakan klik pada opsi “show touch keyboard button“.
FAQ

Bagaimana cara menampilkan keyboard?
Apabila hanya beberapa tombol keyboard saja yang tidak bisa maka, dapat menggunakan kombinasi tombol “windows + u”, kemudian klik “on screen keyboard“. Namun, jika keyboard rusak maka kita dapat memunculkan “keyboard virtual” dengan cara membuka “control panel” kemudian ke “ease of access center“, lalu klik “on screen keyboard“.

Keyboard virtual apa maksudnya?
Virtual Keyboard adalah aplikasi bawaan windows yang dapat digunakan untuk mengetik menggantikan fungsi keyboard fisik. Keyboard virtual biasa disebut juga on-screen keyboard. Keyboard virtual ini akan tertampil pada layar komputer/laptop kamu.

Kesimpulan

Jadi begitulah cara menampilkan keyboard di layar laptop. Apabila beberapa tombol keyboard kamu rusak secara tiba tiba, tidak perlu panik, kamu tetap dapat mengetik menggunakan on-screen keyboard.

Pastikan kamu mengikuti langkah langkah, yang telah kakak paparkan. Cara tersebut dapat kamu gunakan untuk semua merk laptop, baik itu acer, asus, lenovo, dll. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.