Batasan waktu agar paket data tidak mengambang di jaringan disebut

Batasan Waktu Agar Paket Data Tidak Mengambang Di Jaringan Disebut?

Batasan waktu agar paket data tidak mengambang di jaringan disebut? Temen temen sedang bingung mendapati pertanyaan itu? Tenang, kamu sedang berada ditempat yang tepat. Pada artikel ini akan diberikan jawaban mengenai pertanyaan itu.

Batasan Waktu Agar Paket Data Tidak Mengambang Di Jaringan Disebut

Batasan waktu agar paket data tidak mengambang di jaringan adalah time to live. Time to live biasa disingkat TTL. Menurut Jurnal Aminudin (2021), Time to Live merupakan mekanisme untuk membatasi umur data dalam jaringan.

Time to live (TTL) merupakan bagian dari ping (Packet Internet Gopher). Informasi TTL hanya dapat terlihat, apabila kita melakukan ping ke suatu tujuan, bisa berupa end device/perangkat akhir, domain, router, dll. Nilai TTL default/secara bawaan berbeda beda, bergantung dari sistem operasi. Sebagai contoh sistem operasi windows memiliki nilai default 128. Sedangkan linux memiliki nilai 64.

Meski tiap device atau perangkat sudah mempunyai nilai default, kita tetap dapat mengubahnya. Pengubahan nilai TTL biasa dilakukan pada perangkat router. Salah satu contoh manfaat mengubah nilai TTL pada router yaitu untuk membatasi sharing koneksi internet.

Kesimpulan
Jadi batasan waktu agar paket data tidak mengambang di jaringan disebut time to live. TTL merupakan bagian dari ping. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.