Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall

Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall

Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall. Bagi pengguna os windows, windows firewall tentu sudah tidak asing. Tetapi beberapanya ada juga pengguna yang tidak tau. Kali ini mimin iyainaja.my.id mencontohkan cara memblokir software menggunakan windows firewall. Secara garis besar windows firewall berfungsi untuk mengatur akses program. Tujuan windows firewall untuk mengatur program agar tak mengirim data atau traffic ke internet, karena terkadang ada program yang melakukan update tanpa sepengetahuan kita. Untuk lebih lengkap mengenai fungsi firewall atau pengertian firewall, apa itu firewall, & cara kerja firewall bakal mimin bahas di artikel apa yang dimaksud dengan firewall. Tanpa berbasa basi kita akan langsung coba blockir suatu software yang terdapat pada komputer kita.

Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall

Berikut merupakan panduan untuk blockir software pada komputer / laptop. Pada artikel ini mimin menggunakan contoh program photoshop. Ok lanjut blokir software nya menggunakan windows firewall :

  1. Pertama siapkan laptop / komputer. Tentunya pastikan os atau sistem operasinya windows, baik itu xp,7,8,atau windows 10.
  2. Langkah selanjutnya hidupkan laptop atau komputer kalian.
  3. Jika komputer atau laptop sudah hidup silakan login dan menuju ke tampilan awal windows.
  4. Tahap berikutnya pada kolom search windows ketikan Windows firewall with Advanced Security.
  5. Berikutnya kita buat rule, yaitu inbound & outbound. Inbond rule aturan berlaku dari traffic atau lalu lintas dari internet atau segment jaringan lain. Sebagai contoh mendownload file dari internet termasuk kedalam inbound. Jadi kata kuncinya dari. Sedangkan outboundnya kebalikannya, dari pc kita menuju ke internet / ke segment lain. Kata kuncinya menuju.
  6. Kita buat inbound rulenya dulu. Kemudian klik new rule. Pilih program klik next, Selanjutnya klik browse & pilih programnya. Sebagai contoh mimin menggunakan contoh program adobe photoshop. Klik ok, lalu klik next.
  7. Selanjutnya actionya klik Block the connection. Untuk lebih mudahnya centang semua pada bagian “when does this rule apply”. Dan tahap berikutnya klik next. Lalu beri nama untuk rule tersebut. Dan klik Finish.
  8. Sampai tahap ini belumlah selesai karena baru membuat inbound rule. Untuk Outbound rule caranya sama, ulangi langkah dari langkah 6 sampai 7 hanya saja sekarang pada tab atau menu outbound.
cara blokir software dengan windows fiewall windows 10

Kesimpulan

Jadi begitulah Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall. Cara ini berlaku atau bisa digunakan baik untuk windows xp windows 7, windows 8, maupun windows 10. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.