apa itu hosting

Apa itu Hosting? Hosting

Apa itu hosting? Hosting. Buat lu yang mempunyai usaha online, pasti sering dengar istilah hosting. Apa sich hosting itu? Mengapa hosting benar-benar dibutuhkan saat membuat website?

Silahkan kita ulas dengan detil pada tulisan mimin berikut.

Apa Itu Hosting?
Analogi simpel, hosting ialah tempat buat dipakai buat nyimpan semua jenis files untuk dipakai ketika membuat sebuah web. Bila digambarkan, hosting seperti satu block apartement yang berisikan banyak unit apartement untuk dibuat dalam block itu. Maka saat lu sewa hosting buat membuat website, seperti sewa unit-unit apartement yang ada pada sebuah block bangunan apartement. Penyuplai hosting umumnya memberinya layanan untuk dipisah berdasar kemampuan penyimpanan untuk dapat lu sewa buat membuat website. Contohnya ini, saat lu sewa sebuah unit apartement, tentu lu akan menimbang beberapa persyaratan. Misalkan berapakah beberapa orang untuk dapat tiba ke unit apartement lu, apa saja sarananya, berapakah luasnya. Nach, analogi tersebut memvisualisasikan kemampuan hosting dari penyuplai layanan hosting . Maka, makin besar kemampuannya, karena itu makin banyak juga file untuk dapat lu taruh di hosting yang lu sewa.
Sampai di sini lu paham kan?

Jenis-Jenis Hosting
Sesudah lu mengenali apa itu hosting, seterusnya lu musti tahu jenis-jenis hosting yang dapat lu pakai. Ada 4 tipe hosting yang dapat lu tentukan sama sesuai keperluan, seperti berikut:

  1. Shared Hosting
    Sama sesuai namanya, share hosting dapat dipakai buat lu yang ikhlas share ruang dengan web lainnya. Shared hosting biasanya memercayakan satu server buat dipakai beberapa web. Jumlah website untuk dapat dimuat dalam shared hosting juga bergantung dari kemampuan servernya, dapat beberapa puluh situs bahkan juga beberapa ribu web. Bila digambarkan sebagai apartement barusan, shared hosting seperti satu unit apartement untuk dipakai buat memuat beberapa orang. Karena digunakan lebih satu orang, tentu saja lu harus share tempat, sarana & ruangan yang ada dari unit apartement itu. Begitupun dilayanan shared hosting. Seringkali penyuplai layanan ini membagikan beragam resource server ke lebih satu web. Shared hosting banyak pecintanya dikarenakan biaya sewanya yang murah. Bila lu mempunyai web yang tingkat trafiknya rendah, lu dapat memakai type shared hosting ini. Karena kemampuannya yang terbatas, shared hosting seringkali dipakai buat jalankan web simpel yang tidak begitu berat. Web seperti mikro site / landing page.
  2. VPS (Virtual Privat Server) Hosting
    VPS sebagai salah satunya jenis/tipe hosting yang banyak disukai beberapa web developer professional. VPS tak dianjurkan buat lu yang baru memulai, / bila lu tak pahami bahasa pemrograman yg sulit. VPS dipakai beberapa webmaster yang pengen lebih leluasa mengontrol web seperti keinginan mereka. Bila lu pilih VPS, lu mesti pahami tehnik management server sama seperti perusahaan penyuplai hosting.
  3. Dedicated Server Hosting
    Dedicated server hosting diperbuatkan seutuhnya buat lu. Ongkos buat mempunyai server individual memanglah mahal. Sebuah dedicated server hosting umumnya dibandrol mulai beberapa ratus juta sampai milyaran rupiah. Karena itu dedicated server hosting dipakai perusahaan besar yang memerlukan layanan server memiliki besar. Dengan Dedicated Server, web lu jadi salah satu web yang ada dalam satu server memiliki space atau traffic besar. Inilah kenapa hosting jenis ini cuman pas dipakai perusahaan besar yg mempunyai trafik tinggi.
  4. Cloud Hosting
    Cloud Hosting sebagai layanan hosting tebaru yang dipunyai penyuplai hosting. Cloud hosting dibuat memakai server virtual yang lebih gampang dijangkau darimana saja. Server pada hosting ini direncanakan khusus buat menangani kenaikan trafik tinggi pada web yang ada dalam hosting ini. Cloud hosting mempunyai team server yang disebutkan cloud server, bekerja buat simpan data sebuah web lewat beberapa server. Karena itu , web yang memakai layanan Cloud hosting jauh gampang dijalankan, dikarenakan data berbentuk files yang dipunyai sebuah web dibagi-bagikan ke cloud server. Tehnologi Cloud Hosting membuat web jadi gampang, cepet, & aman dari beragam kerusakan halaman seperti loading yang lama / kerusakan halaman.
  5. Hosting Gratis
    Sama sesuai namanya, hosting gratis dapat dipakai secara Cuma-Cuma. Lu dapat memakai hosting gratis untuk media latihan membuat website. Tetapi, karena diberi dengan gratis, karena itu sumber daya web yang dapat digunakan dengan hosting gratis juga benar-benar terbatas. Lu dapat manfaatkan hosting gratis buat latihan membuat website simpel. Hosting gratis tak pas buat lu yang pengen memperoleh web berperforma bagus. Tetapi, lu bisa memakai layanan hosting gratis buat lakukan eksperimen membuat website.

Kesimpulan
Itu lah penjelasan mengenai defini apa itu hosting ? Dan juga jenis jenis hosting. Semoga dengan tulisan ini banyak teman teman yang paham. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.