cara membagi dua layar laptop

3 Cara Membagi Dua Layar Laptop, Tinggal Set

“Ka Apakah laptop bisa split screen?” Bisa, komputer atau laptop dapat split screen. Pada artikel ini kakak iyainaja, akan berbagi mengenai cara membagi dua layar laptop atau lebih.

Sempatkah kamu terpikir untuk membeli monitor external, agar dapat dual monitor? Tahan dulu, Jika kamu ingin membeli monitor, tapi dana minim, coba lakukan multiple window atau split screen.

Fitur split screen, berfungsi untuk membagi satu layar menjadi dua atau lebih. Untuk menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Karena secara default setiap windows sudah terdapat fitur ini.

Ada berbagai manfaat yang dapat kamu peroleh dari split screen

  • Bisa multitasking, misalnya menonton netflix sambil mengetik
  • Kerja menjadi lebih produktif
  • Lebih efisien, dll

Itu tadi segelintir penjelasan mengenai split screen dan manfaatnya. Penasaran bagaimana caranya? Silakan lanjut dibaca ya.

Cara Membagi Dua Layar Laptop

Untuk membagi layar menjadi dua, ada tiga cara. Pertama dengan keyboard, kedua dengan mouse, dan yang ketiga dengan mengubah ukuran window/lembar kerja. Adapun berikut masing masing cara serta langkahnya.

1.Dengan Keyboard

Cara split screen yang pertama yaitu menggunakan tombol kombinasi keyboard. Untuk tombol kombinasi yang digunakan yaitu tombol “windows + arah panah”. Semua arah panah pada keyboard dapat kamu gunakan. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut.

  1. Silakan buka salah satu aplikasi yang sudah kamu install pada laptop. Sebagai contoh, microsoft word.
  2. Langkah selanjutnya silakan tekan tombol “Windows + arah panah kiri”. Secara otomatis aplikasi word pun akan tampil di sebelah kiri.
  3. Selanjutnya, silakan buka aplikasi excel. Setelah itu silakan tekan tombol “Windows + panah kanan”. Aplikasi excel secara otomatis akan berpindah disebelah kanan. Sampai dengan langkah ini, kamu telah berhasil menampilkan dua aplikasi secara berdampingan pada bagian kiri atau kanan layar.

2.Dengan Mouse

Cara membagi layar komputer menjadi 2, selain dengan menggunakan keyboard, kamu juga dapat menggunakan mouse. Berikut langkah langkah detailnya.

  1. Langkah pertama, silakan buka aplikasi yang terinstall pada komputer atau laptop. Sebagai contoh buka aplikasi microsoft word.
  2. Kemudian, silakan tekan icon restore down, yang terletak dipojok kanan atas didekat icon close (silang).
  3. Window / layar word pun akan menjadi kecil.
  4. Langkah berikutnya, silakan klik dan tahan pada bagian atas microsoft word. Lalu tetap tahan dan kemudian arahkan kursor (geser) ke arah kiri. Microsoft word pun akan berpindah pada layar sebelah kiri.
  5. Selanjutnya silakan buka aplikasi lain, sebagai contoh microsoft excel.
  6. Kemudian lakukan hal yang sama sesuai dengan langkah dua hingga empat. Namun silakan geser ke arah kanan.

3.Dengan Mengubah Ukuran Jendela Aplikasi

Cara terakhir yang kamu lakukan yaitu dengan mengubah ukuran jendela aplikasi. Adapun berikut panduan langkah langkahnya.

  1. Silakan buka aplikasi, contohnya word.
  2. Kemudian tekan icon restore down.
  3. Layarpun akan menjadi kecil. Silakan arahkan kursor mouse kebagian sisi kanan aplikasi hingga icon cursor berubah menjadi icon arah panah kiri atau kanan. Kemudian sesuaikan ukuran jendela (window) aplikasi, dengan menggunakan mouse.
  4. Langkah selanjutnya silakan buka aplikasi lainnya, dan ulangi langkah dua hingga ketiga.
FAQ

Ka, aku sudah coba menggunakan cara satu dan dua, tapi kenapa tidak bisa split screen?
Jika kamu menggunakan windows 10. Ada kemungkinan fitur snap belum aktif, atau dalam kondisi mati. Silakan untuk dicheck terlebih dahulu. Caranya:

  1. Klik start menu windows pada bagian pojok kiri bawah
  2. Akan muncul banyak pilihan, silakan klik settings atau icon bergambar gear.
  3. Selanjutnya akan muncul menu settings. Silakan ketikan “snap” pada kolom pencarian, kemudian tekan enter.
  4. Setelah itu pastikan pada bagian “snap” radio button berada pada bagian kanan yang berarti aktif. Jika masih disebelah kiri, silakan klik snap, untuk mengaktifkannya.
Kesimpulan

Begitulah cara membagi dua layar laptop. Ada tiga cara membagi layar laptop menjadi 2. Pertama menggunakan mouse, kedua menggunakan keyboard, ketiga dengan mengubah ukuran window.

Dari ketiga cara tersebut, cara yang paling mudah yaitu menggunakan keyboard. Semoga artikel ini membantumu dalam melakukan split screen. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.