apa itu router

Apa itu router? dan apa fungsi router? Iyainaja.my.id

Iyainaja.my.id Apa itu router? Router adalah piranti untuk menghubungkan (merutekan) dua atau lebih jaringan yang berbeda segment, prosesnya dinamakan routing. Sedangkan routing secara teori merupakan proses pengiriman data dari satu jaringan ke jaringan lain, terjadi di OSI Layer Network. Routing sendiri dibedakan menjadi dua yaitu routing static dan routing dynamic

Fungsi

Apa fungsi router? Selain untuk routing, router juga dapat digunakan sebagai DHCP Server. Yakni memberikan dynamic ip address ke semua end device yang terhubung ke perangkat router baik secara langsung maupun tidak. Penerapannya sering kita jumpai di warung internet, sekolah, ataupun tempat yang terdapat internet. Adapun fungsi lainnya seperti sebagai load balancing, radius server, hotspot server, vpn server, vpn client, dns server nat, firewall, router gateway.

Bagaimana cara kerja router

Bagaimana cara kerja router? Mari kita amati melalui ilustrasi berikut

  1. Terdapat beberapa segmen network (A dan B) yang terhubung ke router. Network A dengan ip 172.17.10.0/24, sedangkan jaringan B dengan ip 172.17.20.0/24.
  2. Jika komputer dari segment A mengirim data kesesama segment A, dalam hal ini contoh X1 ke X2. Router tidak akan menforwardkan data ke X2. Begitu juga yang terjadi ketika Y1 mengirimkan paket data ke Y2.
  3. Namun jika komputer X1 mengirimkan data ke komputer Y1, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer Y1 karena memiliki segmen yang berbeda.

Jenis jenis router

  1. PC
    sesuai dengan namanya, jenis ini terinstall pada sebuah pc. Jika biasanya PC OSnya windows, tetapi dalam hal ini terinstall OS Linux Base Router atau Mikrotik OS. Kelebihannya diantaranya apabila terdapat port nic yang rusak kita dapat dengan mudah menggantinya, selain itu cpu dan ram jauh lebih besar ketimbang router pada umumnya. Kekurangan jenis ini membutuhkan catu daya yang besar, rentan hdd corupt, badsector, dan susah dalam melakukan hardreset.
  2. Hardware biasa
    jenis ini sering kali yang kita temui dilapangan. Kelebihan jenis ini tidak membutuhkan tempat atau catu daya yang besar kurang dari 24volt, tidak rentan hdd corupt, mudah dalam melakukan hardreset. Kekurangan jenis ini resource baik ram ataupun cpunya yang tidak terlalu besar.

Merk Router

  1. Cisco
    banyak digunakan pada Wide Area Network (WAN). Cisco terkenal akan kehandalan, dan keglamourannya. Terkenal handal, glamour, dan mahal. Beberapa perusahaan besar sering menggunakan merk ini salah satunya telkom, atau wings
  2. Juniper
    banyak digunakan pada WAN. Sering kali digunakan untuk VPN MPLS. Merk ini hanya bisa kita jumpai pada beberapa perusahaan besar.
  3. Aruba
    merk ini terkenal akan produk access pointnya yang mampu menampung banyak user(+- 300orang). Bisa disetting menggunakan controller.
  4. Fortinet
    merk ini terkenal handal untuk dijadikan firewall pada perusahan besar, meskinpun menggunakan vendor lain juga bisa.
  5. Ubiquiti
    merk ini terkenal pada produk access point outdoor, sering kali ada di ISP. Biasa ISP yang media transmisinya nirkabel sering kali menggunakan merk ini sebagai link backbone.
  6. Mikrotik
    merk ini merk sejuta umat, wkwk… Betul sekali karena merk ini tidak memandang strata sosial. Terbilang cukup murah untuk dibeli. Tetapi meskipun terbilang murah ISP besar pun seperti icon+ juga memakai ini sebagai distribusi untuk clientnya. Tetapi merk ini belum mampu jika dijadikan core router.

Kesimpulan
Router adalah piranti yang mempunyai fungsi utama yaitu routing. Ada banyak vendor atau merk router, alangkah baiknya jika memilih disesuaikan berdasarkan budget dan juga kebutuhan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.