Cara Copy Paste Tabel Pada Excel Agar Hasilnya Sama

Cara Copy Paste Tabel Pada Excel Agar Hasilnya Sama

Kamu pernah copy paste sebuah tabel excel, tapi hasilnya malah berantakan? Tenang, pada artikel ini, kakak iyainaja akan berbagi cara copy paste tabel pada excel agar hasilnya sama persis.

Seharusnya kamu sudah tidak asing lagi, dengan fitur copy paste. Copy paste merupakan fitur pada komputer atau laptop, untuk menyalin sebuah data. Data yang disalin bisa berupa; file, tulisan, tabel, dll.

Fitur copy paste, juga terdapat pada microsoft excel. Copy paste di excel dapat kamu gunakan, untuk menyalin data tulisan atau data tabel dari program lain seperti microsoft word ataupun sesama program ms excel (sheet lain). Namun sayangnya ketika dilakukan paste, secara bawaan tampilan tabel sering kali berantakan.

Hal ini, sebetulnya tidak menjadi masalah apabila data tabel tersebut sedikit. Namun bagaimana jadinya jika data tabel tersebut banyak? Jika merapikan satu per satu kolom dan baris, tentu akan menyita banyak waktu.

Ada solusi praktis cara copy paste tabel excel agar hasilnya sama (tidak berubah). Penasaran? Berikut ini caranya.

Cara Copy Paste Tabel Pada Excel Agar Hasilnya Sama

Agar hasil tampilannya sama, kamu dapat memanfaatkan fitur column width. Berikut langkah langkah copy paste tabel excel agar hasilnya sama.

1. Copy Tabel

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mengcopy terlebih dahulu tabel yang akan kamu copy.

  • Silakan block tabel yang mau kamu copy.
  • Jika sudah kamu block, silakan tekan tombol “CTRL + C” untuk melakukan copy.

2. Paste Tabel

Langkah selanjutnya, paste ke worksheet atau sheet lain.

  • Silakan klik pada cell yang kosong.
  • Kemudian tekan tombol “CTRL + V” untuk melakukan paste.

3. Keep Source Column Width

Berikutnya merapikan tabel, agar hasilnya sama (tidak berubah) menggunakan fitur keep source column width. Untuk menggunakan fitur ini ada tiga cara. Silakan pilih salah satu cara berikut.

cara copy paste tabel excel agar hasilnya sama
cara copy paste tabel excel agar hasilnya sama

cara 1: Icon Clipboard.

Salah satu cara menggunakan fitur keep source column width, yaitu dengan klik icon paste disamping kanan bawah tabel. Adapun berikut langkah langkahnya.

  • Setelah terpaste akan muncul icon clipboard / icon paste disamping kanan bawah tabel. Silakan klik icon tersebut.
  • Akan muncul beberapa pilihan paste (paste option), silakan pilih keep source column width. Setelah kamu klik keep source column width, tampilan tabel hasil copy akan sama dengan tabel aslinya.

cara 2: Kombinasi Tombol

Cara yang kedua dengan kombinasi tombol. Namun kombinasi tombol berikut, hanya dapat kamu gunakan pada microsoft excel 2007.

  • Setelah terpaste, silakan tekan tombol ALT, H, V, S secara berurutan.
  • Akan muncul kotak dialog paste special.
  • Silakan tekan tombol w, kemudian tekan enter.

cara 3: Kombinasi Tombol

Sedangkan kombinasi tombol berikut, hanya dapat kamu gunakan untuk excel 2010 dan versi atasnya.

  • Setelah terpaste, silakan tekan tombol ALT, H, V, W secara berurutan.

Kesimpulan

Cara yang telah kakak bagikan tadi, dapat berguna untuk memindahkan tabel atau mengcopy tabel yang sudah rapi. Sehingga kamu tidak perlu lagi, merapikan ukuran dan lebar kolom pada tabel.

Begitulah cara copy paste tabel pada excel agar hasilnya sama pada ms excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Semoga artikel ini membantumu dalam melakukan copy paste tabel excel. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.