Cara membuat nomor halaman berbeda di google docs

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Google Docs

Cara membuat nomor halaman berbeda di google docs. Kamu sedang kebingungan dalam pembuatan nomor halaman yang berbeda di google docs? Tenang, pada kesempatan ini kakak akan berbagi tentang cara membuat halaman di google docs, serta membuat nomor halaman berbeda antara satu halaman dengan halaman lainnya.

Google docs adalah aplikasi online atau software pengolah kata, mirip dengan microsoft word. Berbeda dengan microsoft word, apabila menggunakan google docs kita dapat membuat dokumen yang dapat kita akses secara online dimanapun dan kapanpun.

Apa itu Google Docs

Dalam software pengolah kata apapun, tentu pasti terdapat fitur penomoran halaman. Fitur penomoran halaman disebut page numbers. Dalam membuat nomor halaman, bisa dibuat sama ataupun dibuat halaman yang berbeda.

Sebagai ilustrasinya pada halaman sampul, tidak diberikan nomor halaman, lalu halaman yang kedua diberikan nomor halaman i. Atau bisa juga pada halaman awal menggunakan angka romawi, kemudian pada halaman yang lain menggunakan angka biasa.

Pembuatan page numbers atau nomor halaman, dapat diletakan pada bagian atas atau dibagian bawah (header atau footer). Tak hanya peletakan, tetapi page number juga bisa menggunakan rata kanan, rata kiri atau rata tengah sekalipun, bebas tergantung kebutuhan dan selera teman teman. Pada artikel ini akan diberikan tutorial cara membuat nomor halaman di google docs dan membuat nomor halaman yang berbeda dari satu halaman dengan halaman yang lain.

Sebelum membahas tentang cara menambahkan nomor halaman, ada baiknya kakak jelaskan tentang apa yang akan kita buat. Jadi kita akan membuat tiga halaman dengan penomoran yang berbeda. Halaman pertama (cover) dengan tanpa page numbers. Lalu pada halaman kedua (Daftar isi) menggunakan penomoran (ii). Dan pada halaman ketiga (Bab 1) menggunakan nomor halaman (1).

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Google Docs

  1. Pertama silakan akses google docs dan buat dokumen baru
  2. Kemudian buat tiga halaman; halaman sampul, daftar isi, kemudian bab 1. Pada halaman pertama, silakan ketik “halaman sampul / cover”. Kemudian klik insert lalu klik break dan pilih section break (next page), jangan klik page break.
  3. Halaman kedua pun terbuat, selanjutnya pada halaman kedua silakan ketik “Daftar Isi”. Apabila sudah, selanjutnya klik insert lalu break kemudian klik section break lagi. Dan pada halaman ketiga ketikan “Bab 1”.
  4. Ketiga bagan pun telah terbuat, sekarang saatnya pembuatan nomor halaman, untuk cover tidak ada penomoran, sedangkan pada halaman daftar isi akan menggunakan nomor i, dan untuk bab 1 menggunakan penomoran angka diawali dengan angka 1.
  5. Silakan balik lagi ke “halaman pertama atau ke cover”. Kemudian klik insert, lalu klik page numbers dan klik more options.
  6. Muncul kotak dialog page numbers, pilih footer, karena penomorannya akan kita taruh pada bawah dokumen. Kemudian silakan hapus tanda centang pada bagian “show on first page”. Pastikan kalian tidak mencentang bagian tersebut. Kemudian klik “apply”. Sampai dengan langkah ini temen temen telah berhasil membuat nomor halaman.
  7. Sekarang saatnya membuatnya berbeda. Pada bagian cover atau sampulpun tidak terdapat penomoran. Sekarang silakan lanjutkan pada halaman dua(daftar isi). Pada halaman daftar isi silakan kalian sunting bagian footer, akan tergenerate angka dua, sunting menjadi (ii). Cara mengubahnya klik dua kali pada bagian footer dan ganti angka (2) menjadi (ii).
  8. Selanjutnya temen temen silakan berpindah pada bagian bab 1. Pada bagian bab 1 silakan klik dua kali dibagian footer, lalu hilangkan centang pada bagian “link to previous”. Kemudian klik option dan dilanjut klik page numbers.
  9. Akan muncul kotak dialog page numbers. Untuk position pilih footer. Lalu pada bagian “show on the first page” pastikan tercentang. Lalu centang pada bagian numbering dan isi “start at” menjadi 1. Kemudian klik apply. Sampai dengan langkah ini teman teman telah berhasil membuat nomor halaman berbeda.

Kesimpulan
Jadi begitulah cara membuat nomor halaman berbeda di google docs. Untuk membuat nomor halaman dokumen, dapat menggunakan page numbers. Page numbers dapat diletakan pada bagian header atau footer, dan dapat diselaraskan baik menggunakan rata kiri, tengah, ataupun kanan. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.