Cara membuat waktu di google form

Cara Membuat Waktu di Google Form

Bagaimana cara membuat soal online dengan batas waktu? Dengan Cara membuat waktu di google form, kita tidak perlu lagi menutup sebuah kuis secara manual. Pasti kamu pernah berfikir gimana sih cara membatasi waktu google form ketika akan diisi. Hal tersebut dapat kita implementasikan. Cara menambahkan waktu di google form tidaklah ribet, simak baik baik artikel ini ya. Kali ini mimin akan bahas mengenai cara memberi waktu pada google form.

Cara membuat waktu di google form

Pasti beberapa dari kita sudah sering menggunakan platform google form untuk membuat soal atau kuis. Jika membuat soal kuis google form tanpa timer atau batas waktu, tentu mungkin sudah tidak asing lagi bagi bapak ibu. Tetapi apakah bapak ibu pernah menerapkan soal kuis online dengan batas waktu? Kita dapat menambahkan waktu di google form dengan begitu kuis akan terasa seperti ujian offline pada umumnya.

Cara Membuat Soal Online dengan Timer

Berikut merupakan cara membuat google form ada waktunya:

  1. Pertama pastikan bapak ibu login gmail, kemudian akses google form.
  2. Kemudian buatlah form baru atau menggunakan yang sudah ada juga tidak apa apa.
  3. Langkah berikutnya, buatlah soal. Kemudian jika sudah klik pada tombol titik tiga, berada disamping tombol kirim.
  4. Akan muncul beberapa opsi. Klik add on. Nah untuk menambahkan timer google form kita akan gunakan script/add on dari pihak ketiga. Script batas waktu atau timer tersebut, sudah tersedia pada add on, jadi kita tidak perlu pusing.
  5. Kemudian search formlimiter. Klik lanjutkan dan install dan izinkan add on tersebut.
  6. Pada kolom limit type pilih date and time. Dan pada kolom “when due date is set on” isikan batas tanggal dan jam. Dan yang terakhir isikan notifikasi apabila batas waktu telah usai pada kolom “message when submission are closed“. Lalu klik “save and enable“.
cara setting waktu di google form
cara setting waktu di google form

Kesimpulan

Jadi begitulah Cara membuat waktu di google form atau cara membuat soal online dengan batas waktu. Dengan menambahkan add on tambahan seperti formlimiter. Kemudian disetting tanggal, beserta waktu akhir kuis google form tersebut dapat diakses. Terima kasih telah membaca iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.